Untuk pengujinya, sekolah bekerja sama dengan industri dan asosiasi sebagai penilai (asesor). Guru tidak ikut menilai, karena untuk menjaga objekfitas kompetensi, kecuali sudah mempunyai sertifikat sebagai asesor. inilah bentuk komitmen sekolah untuk memberikan gambaran industri yang sebenarnya kepada siswa, sehingga siswa dapat lebih terpacu belajar menjadi yang terbaik.
Tahap kedua adalah ujian sekolah yang dibuat oleh sekolah masing-masing atau bekerja sama dengan provinsi. Soal ujian sekolah divalidasi oleh orang-orang yang berkompeten tentang penulisan dan penelaahan soal. Dalam ujian sekolah ini, semua mata pelajaran diujikan. Selanjutnya, sekolah mempersiapkan siswa untuk menghadapi Ujian Nasional (UN).
Selain untuk mengevaluasi hasil pendidikan, hasil Ujian Nasional SMK/MAK Tahun Ajaran 2014/2015 akan dipergunakan juga untuk seleksi Perguruan Tinggi Negeri diantaranya untuk Snmptn tahun akademik 2015/2016.
Oleh karena itu para siswa SMK/MAK sederajat hendaknya dapat memperoleh hasil yang baik dalam ujian nasional mereka. Berikut kami jabarkan sebagian kisi-kisi yang penting.
Kisi-kisi Ujian Nasional SMK/MAK Tahun Ajaran 2014/2015
Kisi-kisi UN SMK KELOMPOK TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN
Pelajaran yang diujikan pada ujian nasional tingkat SMK/MAK jurusan/program TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN SMK/MAK mencakup mapel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika untuk jurusan/program TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN SMK/MAK, disamping itu diujikan juga Teori kejuruan dan Praktek Kejuruan SMK/MAK. Berikut contoh penjelasan pelajaran Matematika untuk program di SMA/MAK.
Kompetensi
Melakukan operasi bilangan real dan menerapkannya dalam bidang kejuruan. - Menyelesaikan masalah dengan menggunakan operasi bilangan real.
- Menentukan hasil operasi bilangan berpangkat dan bentuk akar, dan/atau logaritma.
Kompetensi
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan dan
pertidaksamaan linear dua variabel serta dapat menerapkannya dalam
bidang kejuruan. - Menyelesaikan masalah sistem persamaan atau pertidaksamaan linear dua variabel.
Kompetensi
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi linear, fungsi kuadrat, program linear, dan sistem pertidaksamaan linear. - Menentukan fungsi linear dan/atau grafiknya.
- Menentukan fungsi kuadrat dan/atau grafiknya.
- Menentukan model matematika dari masalah program linear.
- Menentukan daerah himpunan penyelesaian dari masalah program linear.
- Menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksamaan linear.
Kompetensi
Menerapkan konsep matriks dan vektor untuk memecahkan masalah. - Menentukan hasil operasi matriks atau invers suatu matriks.
- Menentukan hasil operasi vektor dan besar sudut antar vektor pada bidang atau ruang.
Kompetensi
Menerapkan prinsip-prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah
yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor. - Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan.
- Menentukan invers, konvers, atau kontraposisi.
- Menarik kesimpulan dari beberapa premis.
Kompetensi
Menentukan unsur-unsur bangun datar, keliling dan luas bangun datar,
luas permukaan dan volume bangun ruang, unsur-unsur irisan kerucut serta
dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan. - Mengidentifikasi bangun datar, bangun ruang, dan unsur-unsurnya.
- Menghitung keliling dan luas bangun datar atau menyelesaikan masalah yang terkait.
- Menghitung luas bangun permukaan bangun ruang atau menyelesaikan masalah yang terkait.
- Menghitung volume bangun ruang atau menyelesaikan masalah yang terkait.
Kompetensi
Menerapkan konsep perbandingan trigonometri dalam pemecahan masalah. - Menentukan unsur-unsur segitiga dengan menggunakan perbandingan trigonometri.
- Mengkonversi koordinat kutub ke koordinat kartesius atau sebaliknya.
Kompetensi
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret. - Mengidentifikasi pola, barisan, atau deret bilangan.
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan atau deret aritmetika.
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret geometri.
Kompetensi
Menerapkan konsep peluang dalam pemecahan masalah. - Menentukan permutasi atau kombinasi.
- Menghitung peluang suatu kejadian atau frekuensi harapannya.
Kompetensi
Menerapkan konsep dan pengukuran statistik dalam pemecahan masalah. - Menginterpretasi data yang disajikan dalam bentuk tabel atau diagram.
- Menghitung ukuran pemusatan data.
- Menghitung ukuran penyebaran data.
Kompetensi
Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah. - Menentukan limit fungsi aljabar atau fungsi geometri.
- Menentukan turunan fungsi aljabar atau fungsi geometri.
- Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep turunan.
Kompetensi
Menggunakan konsep integral dalam pemecahanan masalah. - Menentukan integral tak tentu atau integral tentu dari fungsi aljabar atau trigonometri.
- Menentukan luas daerah di antara dua kurva.
- Menentukan volume benda putar.
Kompetensi
Menerapkan konsep irisan kerucut dalam memecahkan masalah. - Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan lingkaran atau parabola.
Indikator
Indikator
Indikator
Indikator
Indikator
Indikator
Indikator
Indikator
Indikator
Indikator
Indikator
Indikator
Indikator
Kisi-kisi UN SMK KELOMPOK AKUNTANSI DAN PEMASARAN
Pelajaran yang diujikan pada ujian nasional tingkat SMK/MAK jurusan/program AKUNTANSI DAN PEMASARAN SMK/MAK mencakup mapel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika untuk jurusan/program AKUNTANSI DAN PEMASARAN SMK/MAK, disamping itu diujikan juga Teori kejuruan dan Praktek Kejuruan SMK/MAK. Berikut contoh penjelasan pelajaran Matematika untuk program di SMA/MAK.
Kompetensi
Melakukan operasi hitung pada bilangan real dan dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan. - Menyelesaikan masalah berkaitan dengan persentase untung atau rugi dari suatu kegiatan ekonomi.
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan.
Kompetensi
Menggunakan konsep persamaan dan pertidaksamaan, program linier dalam pemecahan masalah. - Menentukan penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel.
- Menentukan model matematika pada permasalahan program linier.
- Menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat.
Kompetensi
Menerapkan konsep operasi pada matriks dalam pemecahan masalah. - Menghitung hasil operasi matriks.
- Menentukan invers matriks.
Kompetensi
Mengaplikasikan prinsip-prinsip logika matematika dalam menarik kesimpulan. - Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan.
- Menentukan kesimpulan yang sah berdasarkan aturan penarikan kesimpulan dari dua buah premis yang diketahui.
Kompetensi
Menyelesaikan masalah berkenaan dengan fungsi dan dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan. - Menentukan salah satu unsur pada perhitungan keseimbangan pasar, jika diketahui fungsi permintaan dan fungsi penawaran.
- Menentukan persamaan fungsi kuadrat, jika diberikan grafiknya dan atau sebaliknya.
Kompetensi
Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah. - Menentukan rumus umum atau salah satu unsur dari suatu barisan aritmetika atau geometri.
- Menentukan jumlah deret geometri tak hingga atau memecahkan masalah terkait.
Kompetensi
Menggunakan konsep keliling dan luas bangun datar dalam menyelesaikan masalah. - Menghitung keliling dan luas bangun datar.
Kompetensi
Menerapkan konsep permutasi dan kombinasi serta banyak kemungkinan dan peluang suatu kejadian dalam menyelesaikan masalah. - Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan permutasi atau kombinasi.
- Menentukan peluang suatu kejadian.
Kompetensi
Menerapkan konsep pengolahan, penyajian, dan penafsiran data statistik dalam pemecahan masalah. - Menginterpretasi data yang disajikan dalam bentuk diagram.
- Menentukan ukuran pemusatan data.
- Menentukan ukuran penyebaran data.
Kompetensi
Menerapkan konsep matematika keuangan serta trampil menggunakannya untuk menyelesaikan permasalahan dalam bidang kejuruan. - Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan bunga tunggal.
- Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan bunga majemuk.
- Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan rente.
- Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan anuitas.
- Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan penyusutan.
Indikator
Indikator
Indikator
Indikator
Indikator
Indikator
Indikator
Indikator
Indikator
Indikator
Kisi-kisi UN SMK KELOMPOK PARIWISATA, SENI, DAN KERAJINAN, TEKNOLOGI KERUMAHTANGGAAN, PEKERJAAN SOSIAL, DAN ADM. PERKANTORAN
Pelajaran yang diujikan pada ujian nasional tingkat SMK/MAK jurusan/program PARIWISATA, SENI, DAN KERAJINAN, TEKNOLOGI KERUMAHTANGGAAN, PEKERJAAN SOSIAL, DAN ADM. PERKANTORAN SMK/MAK mencakup mapel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika untuk jurusan/program PARIWISATA, SENI, DAN KERAJINAN, TEKNOLOGI KERUMAHTANGGAAN, PEKERJAAN SOSIAL, DAN ADM. PERKANTORAN SMK/MAK, disamping itu diujikan juga Teori kejuruan dan Praktek Kejuruan SMK/MAK. Berikut contoh penjelasan pelajaran Matematika untuk program di SMA/MAK.
Kompetensi
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep operasi bilangan real. - Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan skala atau perbandingan.
- Menentukan hasil operasi pada bilangan berpangkat.
- Menentukan hasil operasi bentuk akar.
- Menentukan nilai logaritma tertentu dengan menggunakan sifat-sifatnya.
Kompetensi
Menentukan penyelesaian yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan, matriks, dan program linear. - Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linear.
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.
- Meyelesaikan masalah persamaan linier dan variabel.
- Menyelesaikan soal tentang operasi matriks.
- Menentukan model matematika dari masalah program linear.
- Menentukan daerah penyelesaian dari sistem pertidaksamaan linier atau sebaliknya.
- Menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksamaan linear.
Kompetensi
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas daerah bangun datar. - Menentukan keliling bangun datar.
- Menentukan luas daerah bangun datar.
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan/atau luas daerah bangun datar.
Kompetensi
Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah. - Menentukan rumus umum atau suku ke-n dari suatu barisan bilangan.
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan atau deret aritmetika.
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan atau deret geometri.
Kompetensi
Menerapkan aturan konsep statistika dalam pemecahan masalah. - Menentukan salah satu data dari bentuk diagram yang disajikan.
- Menghitung ukuran pemusatan data.
- Menghitung ukuran penyebaran data.
Kompetensi
Menentukan nilai perbandingan trigonometri suatu sudut - Menentukan nilai sin atau cos sudut tertentu di satu kuadran.
Indikator
Indikator
Indikator
Indikator
Indikator
Indikator
Demikian kami sampaikan penjelasan Kisi-kisi UN 2014/2015 untuk tingkat pendidikan SMK/MAK dengan memberi contoh pelajaran Matematika untuk 3 (tiga) kelompok keahlian di SMA/MAK, untuk pelajaran yang lainnya bisa di unduh disini
Semoga Kisi-kisi UN 2014/2015 untuk tingkat pendidikan SMK/MAK dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga tercapailah keberhasilan pendidikan yang baik seperti yang diamanatkan oleh peraturan perundang-undangan di negara kita tercinta, Republik Indonesia. Mudah-mudahan bermanfaat, Amin Ya Rabbal Alamin!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar