PELAJARAN

Untuk Pelaksanaan UN SMK/MAK tahun 2015, tentu saja setiap sekolah harus mempersiapkan peserta didik dengan baik agar semua sukses meraih hasil ujian nasional yang bagus. Seperti kita maklumi bahwa di SMK pola ujiannya berbeda dengan yang dilakukan SMA. Ada beberapa tahap ujian teori dan kompetensi, selain Ujian Nasional (UN). Sampai anak dinyatakan lulus, tahap pertama bagi SMK adalah uji kompetensi, yaitu praktik sesuai dengan kejuruannya masing-masing. Naskah soal dibuat oleh direkorat pembinaan SMK, kemudian sekolah memilih paket sesuai program kejuruannya.

Untuk pengujinya, sekolah bekerja sama dengan industri dan asosiasi sebagai penilai (asesor). Guru tidak ikut menilai, karena untuk menjaga objekfitas kompetensi, kecuali sudah mempunyai sertifikat sebagai asesor. inilah bentuk komitmen sekolah untuk memberikan gambaran industri yang sebenarnya kepada siswa, sehingga siswa dapat lebih terpacu belajar menjadi yang terbaik.

Tahap kedua adalah ujian sekolah yang dibuat oleh sekolah masing-masing atau bekerja sama dengan provinsi. Soal ujian sekolah divalidasi oleh orang-orang yang berkompeten tentang penulisan dan penelaahan soal. Dalam ujian sekolah ini, semua mata pelajaran diujikan. Selanjutnya, sekolah mempersiapkan siswa untuk menghadapi Ujian Nasional (UN).

Selain untuk mengevaluasi hasil pendidikan, hasil Ujian Nasional SMK/MAK Tahun Ajaran 2014/2015 akan dipergunakan juga untuk seleksi Perguruan Tinggi Negeri diantaranya untuk Snmptn tahun akademik 2015/2016.

Oleh karena itu para siswa SMK/MAK sederajat hendaknya dapat memperoleh hasil yang baik dalam ujian nasional mereka. Berikut kami jabarkan sebagian kisi-kisi yang penting.



Kisi-kisi Ujian Nasional SMK/MAK Tahun Ajaran 2014/2015




Kisi-kisi UN SMK KELOMPOK TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN



Pelajaran yang diujikan pada ujian nasional tingkat SMK/MAK jurusan/program TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN SMK/MAK mencakup mapel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika untuk jurusan/program TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN SMK/MAK, disamping itu diujikan juga Teori kejuruan dan Praktek Kejuruan SMK/MAK. Berikut contoh penjelasan pelajaran Matematika untuk program di SMA/MAK.


  1. Kompetensi

  2. Melakukan operasi bilangan real dan menerapkannya dalam bidang kejuruan.

    Indikator

    1. Menyelesaikan masalah dengan menggunakan operasi bilangan real.
    2. Menentukan hasil operasi bilangan berpangkat dan bentuk akar, dan/atau logaritma.
  3. Kompetensi

  4. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel serta dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.

    Indikator

    1. Menyelesaikan masalah sistem persamaan atau pertidaksamaan linear dua variabel.
  5. Kompetensi

  6. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi linear, fungsi kuadrat, program linear, dan sistem pertidaksamaan linear.

    Indikator

    1. Menentukan fungsi linear dan/atau grafiknya.
    2. Menentukan fungsi kuadrat dan/atau grafiknya.
    3. Menentukan model matematika dari masalah program linear.
    4. Menentukan daerah himpunan penyelesaian dari masalah program linear.
    5. Menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksamaan linear.
  7. Kompetensi

  8. Menerapkan konsep matriks dan vektor untuk memecahkan masalah.

    Indikator

    1. Menentukan hasil operasi matriks atau invers suatu matriks.
    2. Menentukan hasil operasi vektor dan besar sudut antar vektor pada bidang atau ruang.
  9. Kompetensi

  10. Menerapkan prinsip-prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.

    Indikator

    1. Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan.
    2. Menentukan invers, konvers, atau kontraposisi.
    3. Menarik kesimpulan dari beberapa premis.
  11. Kompetensi

  12. Menentukan unsur-unsur bangun datar, keliling dan luas bangun datar, luas permukaan dan volume bangun ruang, unsur-unsur irisan kerucut serta dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.

    Indikator

    1. Mengidentifikasi bangun datar, bangun ruang, dan unsur-unsurnya.
    2. Menghitung keliling dan luas bangun datar atau menyelesaikan masalah yang terkait.
    3. Menghitung luas bangun permukaan bangun ruang atau menyelesaikan masalah yang terkait.
    4. Menghitung volume bangun ruang atau menyelesaikan masalah yang terkait.
  13. Kompetensi

  14. Menerapkan konsep perbandingan trigonometri dalam pemecahan masalah.

    Indikator

    1. Menentukan unsur-unsur segitiga dengan menggunakan perbandingan trigonometri.
    2. Mengkonversi koordinat kutub ke koordinat kartesius atau sebaliknya.
  15. Kompetensi

  16. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret.

    Indikator

    1. Mengidentifikasi pola, barisan, atau deret bilangan.
    2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan atau deret aritmetika.
    3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret geometri.
  17. Kompetensi

  18. Menerapkan konsep peluang dalam pemecahan masalah.

    Indikator

    1. Menentukan permutasi atau kombinasi.
    2. Menghitung peluang suatu kejadian atau frekuensi harapannya.
  19. Kompetensi

  20. Menerapkan konsep dan pengukuran statistik dalam pemecahan masalah.

    Indikator

    1. Menginterpretasi data yang disajikan dalam bentuk tabel atau diagram.
    2. Menghitung ukuran pemusatan data.
    3. Menghitung ukuran penyebaran data.
  21. Kompetensi

  22. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.

    Indikator

    1. Menentukan limit fungsi aljabar atau fungsi geometri.
    2. Menentukan turunan fungsi aljabar atau fungsi geometri.
    3. Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep turunan.
  23. Kompetensi

  24. Menggunakan konsep integral dalam pemecahanan masalah.

    Indikator

    1. Menentukan integral tak tentu atau integral tentu dari fungsi aljabar atau trigonometri.
    2. Menentukan luas daerah di antara dua kurva.
    3. Menentukan volume benda putar.
  25. Kompetensi

  26. Menerapkan konsep irisan kerucut dalam memecahkan masalah.

    Indikator

    1. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan lingkaran atau parabola.




Kisi-kisi UN SMK KELOMPOK AKUNTANSI DAN PEMASARAN



Pelajaran yang diujikan pada ujian nasional tingkat SMK/MAK jurusan/program AKUNTANSI DAN PEMASARAN SMK/MAK mencakup mapel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika untuk jurusan/program AKUNTANSI DAN PEMASARAN SMK/MAK, disamping itu diujikan juga Teori kejuruan dan Praktek Kejuruan SMK/MAK. Berikut contoh penjelasan pelajaran Matematika untuk program di SMA/MAK.


  1. Kompetensi

  2. Melakukan operasi hitung pada bilangan real dan dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.

    Indikator

    1. Menyelesaikan masalah berkaitan dengan persentase untung atau rugi dari suatu kegiatan ekonomi.
    2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan.
  3. Kompetensi

  4. Menggunakan konsep persamaan dan pertidaksamaan, program linier dalam pemecahan masalah.

    Indikator

    1. Menentukan penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel.
    2. Menentukan model matematika pada permasalahan program linier.
    3. Menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat.
  5. Kompetensi

  6. Menerapkan konsep operasi pada matriks dalam pemecahan masalah.

    Indikator

    1. Menghitung hasil operasi matriks.
    2. Menentukan invers matriks.
  7. Kompetensi

  8. Mengaplikasikan prinsip-prinsip logika matematika dalam menarik kesimpulan.

    Indikator

    1. Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan.
    2. Menentukan kesimpulan yang sah berdasarkan aturan penarikan kesimpulan dari dua buah premis yang diketahui.
  9. Kompetensi

  10. Menyelesaikan masalah berkenaan dengan fungsi dan dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.

    Indikator

    1. Menentukan salah satu unsur pada perhitungan keseimbangan pasar, jika diketahui fungsi permintaan dan fungsi penawaran.
    2. Menentukan persamaan fungsi kuadrat, jika diberikan grafiknya dan atau sebaliknya.
  11. Kompetensi

  12. Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.

    Indikator

    1. Menentukan rumus umum atau salah satu unsur dari suatu barisan aritmetika atau geometri.
    2. Menentukan jumlah deret geometri tak hingga atau memecahkan masalah terkait.
  13. Kompetensi

  14. Menggunakan konsep keliling dan luas bangun datar dalam menyelesaikan masalah.

    Indikator

    1. Menghitung keliling dan luas bangun datar.
  15. Kompetensi

  16. Menerapkan konsep permutasi dan kombinasi serta banyak kemungkinan dan peluang suatu kejadian dalam menyelesaikan masalah.

    Indikator

    1. Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan permutasi atau kombinasi.
    2. Menentukan peluang suatu kejadian.
  17. Kompetensi

  18. Menerapkan konsep pengolahan, penyajian, dan penafsiran data statistik dalam pemecahan masalah.

    Indikator

    1. Menginterpretasi data yang disajikan dalam bentuk diagram.
    2. Menentukan ukuran pemusatan data.
    3. Menentukan ukuran penyebaran data.
  19. Kompetensi

  20. Menerapkan konsep matematika keuangan serta trampil menggunakannya untuk menyelesaikan permasalahan dalam bidang kejuruan.

    Indikator

    1. Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan bunga tunggal.
    2. Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan bunga majemuk.
    3. Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan rente.
    4. Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan anuitas.
    5. Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan penyusutan.


Kisi-kisi UN SMK KELOMPOK PARIWISATA, SENI, DAN KERAJINAN, TEKNOLOGI KERUMAHTANGGAAN, PEKERJAAN SOSIAL, DAN ADM. PERKANTORAN



Pelajaran yang diujikan pada ujian nasional tingkat SMK/MAK jurusan/program PARIWISATA, SENI, DAN KERAJINAN, TEKNOLOGI KERUMAHTANGGAAN, PEKERJAAN SOSIAL, DAN ADM. PERKANTORAN SMK/MAK mencakup mapel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika untuk jurusan/program PARIWISATA, SENI, DAN KERAJINAN, TEKNOLOGI KERUMAHTANGGAAN, PEKERJAAN SOSIAL, DAN ADM. PERKANTORAN SMK/MAK, disamping itu diujikan juga Teori kejuruan dan Praktek Kejuruan SMK/MAK. Berikut contoh penjelasan pelajaran Matematika untuk program di SMA/MAK.


  1. Kompetensi

  2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep operasi bilangan real.

    Indikator

    1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan skala atau perbandingan.
    2. Menentukan hasil operasi pada bilangan berpangkat.
    3. Menentukan hasil operasi bentuk akar.
    4. Menentukan nilai logaritma tertentu dengan menggunakan sifat-sifatnya.
  3. Kompetensi

  4. Menentukan penyelesaian yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan, matriks, dan program linear.

    Indikator

    1. Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linear.
    2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.
    3. Meyelesaikan masalah persamaan linier dan variabel.
    4. Menyelesaikan soal tentang operasi matriks.
    5. Menentukan model matematika dari masalah program linear.
    6. Menentukan daerah penyelesaian dari sistem pertidaksamaan linier atau sebaliknya.
    7. Menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksamaan linear.
  5. Kompetensi

  6. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas daerah bangun datar.

    Indikator

    1. Menentukan keliling bangun datar.
    2. Menentukan luas daerah bangun datar.
    3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan/atau luas daerah bangun datar.
  7. Kompetensi

  8. Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.

    Indikator

    1. Menentukan rumus umum atau suku ke-n dari suatu barisan bilangan.
    2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan atau deret aritmetika.
    3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan atau deret geometri.
  9. Kompetensi

  10. Menerapkan aturan konsep statistika dalam pemecahan masalah.

    Indikator

    1. Menentukan salah satu data dari bentuk diagram yang disajikan.
    2. Menghitung ukuran pemusatan data.
    3. Menghitung ukuran penyebaran data.
  11. Kompetensi

  12. Menentukan nilai perbandingan trigonometri suatu sudut

    Indikator

    1. Menentukan nilai sin atau cos sudut tertentu di satu kuadran.


Demikian kami sampaikan penjelasan Kisi-kisi UN 2014/2015 untuk tingkat pendidikan SMK/MAK dengan memberi contoh pelajaran Matematika untuk 3 (tiga) kelompok keahlian di SMA/MAK, untuk pelajaran yang lainnya bisa di unduh disini


Semoga Kisi-kisi UN 2014/2015 untuk tingkat pendidikan SMK/MAK dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga tercapailah keberhasilan pendidikan yang baik seperti yang diamanatkan oleh peraturan perundang-undangan di negara kita tercinta, Republik Indonesia. Mudah-mudahan bermanfaat, Amin Ya Rabbal Alamin!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

U
K
E
G
O
O
L
B
I
D
G
N
A
T
A
D
T
A
M
A
L
E
S
N
A
K
L
I
P
M
A
T
I
D
N
I
G
N
I
G
N
A
Y
N
A
S
I
L
U
T
N
A
K
L
I
P
M
A
T
I
D
N
I
G
N
I
G
N
A
Y
N
A
S
I
L
U
T